BERITA 2 : GOOGLE DAN DUNIA PENDIDIKAN

GOOGLE DAN DUNIA PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI











 

            Setahun sudah pandemi Covid 19 melanda dunia termasuk di negeri kita tercinta. Semua aspek kehidupan terkena dampaknya, tidak terkecuali dunia pendidikan. Kita tidak bisa melakukan KBM ( Kegiatan belajar mengajar) secara tatap muka di kelas. KBM tatap muka di hentikan dengan alasan generasi muda sangat rentan terkena virus Covid 19. Generasi muda penerus bangsa, kalau sampai covid menulari anak2 muda, maka hancurlah dunia ini.

            KBM tatap muka di gantikan dengan PJJ (Pembelajarn Jarak Jauh). PJJ dalam UU Sidiknas UURI Nomer 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab 1 Pasal 1 ayat 15 yang isinya “Pendidikan jarak jauh adalah pendidikan yang perserta didiknya terpisah dari pendidik dan pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi komunikasi, informasi dan media lain.” Sebenarnya PJJ sudah ada sejak lama, tetapi sejak pandemi melanda hampir semua sekolah dari tingkat PAUD – Universitas menerapkan sistem ini.

Semakin berkembangnya IPTEK, maka PJJ bukan lagi hambatan bagi dunia pendidikan untuk menyampaikan materi. Google sebagai salah satu perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Google adalah salah satu perusahaan yang berkembang pesat di masa pandemi. Semua kalangan yang menggunakan gadget  tidak asing lagi dengan google.Maka Google dengan serius menggunakan dan membuat teknologi baru di dunia education. Dengan membuat layanan belajar online atau daring yang darinya diberinama Google Classroom.

Madrasah Tsanawiyah YUPPI yang terletak di jalan soreang Banjaran KM 2 Soreang kab. Bandung  sejak setahun lalu menggunakan PJJ. Produk google banyak kami gunakan di antaranya What app (WA), Google Classroom (GCR),google form (GF) dan google meet (GM).

Banyak keuntungan didapat dari Google karena memudahkan dalam pembelajaran. Kami menggunakan WA karena WA di anggap paling familiar. Pada bulan april 2020 Wakasek Kurikulum MTs Darul Ihsan YUPPI mengumumkan menggunakan GCR untuk semua siswa terkecuali yang terkendala quota.

PJJ di jadwal dengan tertib. Anak yang terkendala di GCR bisa langsung kontak guru mata pelajarannya via WA. Pada saat ujian akhir semester dan ujian akhir tahun, kami juga menggunakan aplikasi GF.Kelebihan GF guru tidak usah memeriksa lagi karena soal sudah di lengkapi jawaban dan  nilai sudah tersedia langsung di GF selain itu Kelebihan Google Form:

  1. Gratis. Kelebihan Google Form yang pertama adalah Anda tidak perlu mengeluarkan sepeser pun alias gratis kecuali modal quota. ...
  2. Mudah digunakan. ...
  3. Terintegrasi dengan Google Sheets. ...
  4. Hasil real-time. ...
  5. Adanya summary. ...
  6. Cara share mudah. ...
  7. Add-ons.

Kelebihan Google Classroom:mudah mengoprasikan, Mudah mengelola tugas yang diberikan, Semua file masuk ke Google Drive kita,  Mudah meninjau tugas sebelum dikirim Sangat mudah melihat pengumuman dari pengajar  Bebas dari iklan dan aman.GM baru kita gunakan di semester dua. Guru dan murid bisa berinteraksi secara langsung walaupun melalui online.

Dengan berkembangnya jaman, akankah google lebihb  di kenal lagi? Melalui banyak inovasi inovasinya? Atau apakah kedepannya google akan terlupakan? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Penyusun : RINNI MARYANA WIJAYA, S.Hut


2 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama